Rabu, 29 Agustus 2012

FITUR BARU YANG DIMILIKI AFTER EFFECTS CS6


1. GLOBAL PERFORMANCE CACHE
Dengan adanya fitur Global Performance Cache ini, maka akan banyak sekali menghemat waktu kerja. Karena Global Performance Cache akan:

- Frame Cache akan dikembalikan dalam banyak kemungkinan dalam alur kerja yang lebih cepat.
- Disk Cache akan dikembalikan seperti semula bahkan setelah anda menutup dan membukanya kembali aplikasi After Effects (Kalau dalam generasi sebelumnya Disk Cache akan hilang dan memulai baru lagi. Ini akan memakan banyak waktu).

- Disk Cache akan tetap bekerja sebagai background saat anda tetap bekerja.

Ilustrasi untuk Global Performance Cache kira-kira begini:
Ketika anda telah melakukan pekerjaan efek, masking atau colorcorrection dalam sebuah footage, maka anda akan melalkukan preview. Preview dalam After Effects sebenarnya sama dengan rendering atau make movie, hanya disimpan di dalam sebuah folder sementara yang disebut Cache. Lalu setelah preview, anda merasa harus melakukan perubahan, baik penambahan atau pengurangan; egek atau yang lainnya. Dengan adanya Global Performance Cache ini, setelah ada penambahan atau pengurangan, anda tak perlu lagi mengulang dari awal ketika Preview.

2. 3D Camera Tracker
3D Camera Tracker adalah fitur baru yang sangat menggembirakan dalam After Effects CS6. Karena Tracking Camera adalah sesuatu yang sangat prinsip dalam dunia penggabungan antara Live footage dengan motion grafik atau Elemen 3 dimensi (Dunia kompositing). Tanpa adanya 3D Camera Tracker, maka Live Footage dengan kamera bergerak (entah itu zoom, track maupun hand held sekalipun) tak akan bisa di gabungkan dengan elemen 3 dimensi maupun Motion grafik secara sempurna. Itu sebabnya, 3D Camera Tracker adalah tool yang sangat vital dalam dunia kompositing.

Anda barangkali ada yang berpendapat: Kalau begitu apa bedanya dengan Tracking? Kalau dalam Tracking yang dimiliki After Effects terdahulu, anda hanya bisa menggunakannya di dalam frame. Jadi kalau kamera bergerak pan dan titik yang anda tandai sudah keluar frame, maka tracking akan berantakan. Tapi hal ini tak akan terjadi dengan 3D Camera Tracker di Adobe After Effects CS6.

3. Rolling Shutter Repair Effect (Efek yang bisa memperbaiki Rolling Shutter)
Ini juga merupakan tool yang sangat penting. Apalagi bagi yang senang dengan kamera bergerak tak beraturan, hand held, atau sering merekam obyek bergerak. Kalau kamera yang digunakan bukan CMOS sensor barangkali Rolling Shutter tidak ditemukan. Tapi bagi anda pengguna kamera yang bersensor CMOS, maka Rolling Shutter akan sering anda jumpai. Nah, Rolling Shutter Repair Effect ini berfungsi untuk memperbaiki atau merepair Rolling Shutter tersebut.

4. Mengkonversi File Vektor ke bentuk (Shape)

5. Plug in Pro Import-AE
Dengan Plugin ini anda bisa mengimpor file AAF dan OMF dari mesin AVID ke After Effects, tanpa plugin tambahan. (Sebelum After Effects CS6, untuk mengimpor file dari AVID harus menggunakan plugin tambahan yaitu Automatic Duck.

6. ARRIRAW import
Berbahagialah anda pengguna kamera ARRI ALEXA dan ARRI FLEX, karena file kamera tersebut sudah di dukung oleh After Effects CS6. Tak perlu ada konversi lagi.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur baru lagi yang dimiliki oleh Adobe After Effects CS6 ini, tapi saya sengaja menyajikannya hanya yang penting saja. Meski penting dan tidak penting itu relatif, hehehe...

Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar